Rabu, 20 Juni 2012

MAKRO ALGA DI LAUT KONDANG MERAK


                                                                  ULVA RETICULATA    


                                                                (Cakmus.2012)


Klasifikasi
Kerajaan: Plantae
        Filum: Chlorophyta
               Kelas: Ulvophyceae
                   Ordo: Ulvales
                        Famili: Ulvaceae
                             Genus: Ulva
                                   Spesies: Ulva reticulate.


Deskripsi
Nama ganggang ini adalah Ulvareticulata. Ini adalah rumput datar hijau.Seperti tumbuh lebih besar, sel-sel di tengah pisau menghasilkan sporareproduksi danrontok. Alga ini sering mendapat kusut diganggang lain karena lubang.Alga tunggal adalah kata Latin untuk rumput laut tertentu dan mempertahankan yang berarti bahwa dalam bahasa Inggris. Etimologi tidak jelas. Meskipun beberapa berspekulasi bahwa hal itu berkaitan dengan bahasa Latin algēre, "menjadi dingin", tidak ada alasan dikena luntuk mengasosiasikan rumput laut dengan suhu.Sebuah sumber yang lebih mungkin adalah alliga, "mengikat, melilit." Sejak Alga telah menjadi sebuah klasifikasi biologis,alga juga dapat berarti satu klasifikasi di bawah Alga, sejajar dengan jamur menjadi spesies jamur, tanaman menjadi spesies tanaman,dan  sebagainya.

Kata Yunani
kuno untuk rumput laut adalah(fūkos atauphykos), yang bisa berarti baik rumput laut,Alga Merah mungkin, atau pewarna merah yang berasal dari itu. ParaLatinization, fucus, berarti terutama pemerah kosmetik.Etimologi tidak pasti, tetapi kandidat kuat telah lama beberapa kata yang terkait dengan"cat" (jika tidak bahwa kata itu sendiri), kosmetik eye-shadow yang digunakan oleh orang Mesir kuno dan penduduk lain dari timur Mediterania. Hal ini dapat setiap warna: hitam, merah, hijau, biru.

Oleh
studimodern laut dan ganggang air tawar yang disebut baik phycology atau algology. Para fucus namanya muncul dalam sejumlah taksa. Bentuk tunggal adalah alga.Alga yang menonjol dalam tubuh air, umum dilingkungan darat dan ditemukan di lingkungan yang  tidak biasa, seperti di atas salju dan es.Rumput laut tumbuh sebagian besar di perairan laut dangkal, di bawah 100meter(330 kaki);. Namun beberapa telah direkam ke kedalaman 360meter(1.180kaki)
               Para berbagai macam ganggang memainkan peran penting  dalam ekologi perairan.Bentuk mikroskopis yang hidup tersuspensi dalam kolom air(fitoplankton) memberikan dasar makanan bagi rantai makanan di laut. Pada kepadatan yang sangat tinggi (ganggang) ganggang ini dapat menghitamkan air danoutcompete,  racun,  atau  sesak napas bentuk kehidupan lainnya .Ganggang adalah berbeda-beda sensitif terhadap faktor yang berbeda, yang telah membuat mereka berguna sebagai indikator biologis dalam Skala Ballantine dan modifikasinya.
Spesifikasi:
Ciri-ciri umum. Thalli seperti lembaran warna hijau yang berlubang-lubang sehingga menyerupai jalinan pita lebar .Tumbuh membentuk koloni yang tebal, alat pelekatnya sulit diamati, koloni biasanya terkait pada suatu substrat padat.

Sebaran:
Habitat .Tumbuh melimpah pada zona pasang surut bagi anatas (supratidal). Membentuk koloni yang tebal sehingga pantai tampak hijau. Sebaran. Sebagai algetropis  yang tersebar kosmpolitan , kadang tersebar sampai  di perairan  subtropics. Banyak dite. Habitat Jarang, tetapi  secara  lokal melimpah di perairan dangkal dekat daerah di mana air tanah memasuki laut. Sebagian besar ditemukan dalam pasang surut rendah untuk 2m sedalam suatu epifit. Jarang di air yang lebih dalam, tetapi beberapa koleksi mengeruk 128 m.

alga(rumput laut) dapat dibudidayakan secara efektif untuk produksi biomas alga berguna dan penghapusan limbah nutrisi dari kolam. Sebuah berbasis lahan, pasang/gravitasi-didorong aliran-melalui, ikan-alga sistem yang terintegrasi adalah belajar diMakobaBay, Zanzibar, Tanzania, selama Mei-Oktober, 2000. Kandang segi empat yang  terbuat dari1-inci jaring jaring dibangun di saluran yang menerima arus keluar dari kolam. Empat spesies alga ditanam dikandang dan dibandingkan untuk kegunaan mereka sebagai biofilters. Gracilaria dan Ulvareticulata crassa tumbuh pada tingkat rata-rata 1,5 dan 1,2%, masing-masing. Kedua spesies dihapus nitrogen sebagai rumput laut pada  tingkat protein hingga0,4 gN/m2/d. Biomassa alga yang dihasilkan berkualitas baik dengan isi berat kering protein13% untuk Gracilaria crassa dan 26% untuk Ulvareticulata. Parabiofilters juga mengangkat nilai-nilai pH dari limbah tambak dan oksigen air. Berbeda  dengan Ulva dan Gracilaria, Eucheuma dan spesies Chaetomorpha dilakukan buruk dikolam limbah.

Manfaat
Ulvareticulata,  sebuah  dimakan laut alga hijau, merupakan sumber protein diketahui, vitamin, dan polisakarida sulfat. Meskipun ada banyak laporan dalam literatur mengenai komposisi dan properti anti virus dari Ulva sp, studi tentang properti antihepatotoxic rumput laut hijau dalam model binatang yang langka.. Kita telah mempelajari sifat anti hepatotoxicini ganggang laut hijau dapat dimakan, Ulva  reticulata, dalam ekstrak air panas(150mg/kg berat badan untuk jangka waktu 15 hari) terhadap asetaminofen diinduksi pada tikus albino hepatotoksisitas eksperimental. Paraasetaminofen diinduksi tikus menunjukkan peningkatan yang signifikan pada tingkat dari enzim transaminase aspartattransamina sepenanda serum dan alanin dan peroksida lipid pada jaringan hati dengan  tingkat penurunan enzimanti oksidan seperti superoksida dismutase dan katalase. Tingkat glutation tereduksi dan vitamin(E dan C) juga menurun pada jaringan hati acetaminophen-mabuk tikus. Pretreatmentoral denganekstrakair panasdari U.reticulatamengurangihepatotoksisitasdipicu oleh asetaminofen cukup dengan meningkatkan statusanti oksidan pada hewan percobaan dengan tingkat habisperoksida lipid. Hasil ini menunjukkan bahwa pretreatmentoral dengan ekstrakair panas dari Ulva .reticulata pada tikus efektif dalam mengurangi stres oksidatif hati melalui properti bebas scavenging  radikal, menunjukkan aktivitas antihepatotoxic.
                 Rumput laut digunakan sebagai pupuk. Untuk detail lebih lanjut tentang topic ini, lihat pupuk rumput laut. Untuk rumput laut berabad-abad  telah digunakan sebagai pupuk; George Owen dari Henllys menulis pada abad ke-16 mengacu melayang gulma di South Wales.     Semacam ini mereka sering berkumpul bijih dan berbaring di heapes besar, di mana ia heteth dan rotteth, dan akan memiliki bau yang kuat dan menjijikkan, ketika begitu busuk mereka melemparkan atas tanah, seperti yang mereka lakukan kotoran mereka, dan jagung yang baik dari padanya  springeth, terutama  gandum ... Setelah musim semi-tydes atau rig besar laut itu, mereka mengambilnya dalam karung pada Backes kuda, dan tiga yang sama carie, empat, atau lima kilometer, dan cor di Lande, yang  Maha  sangat  jauh lebih baik tanah untuk jagung dan rumput .

Alga saatinidigunakanoldh manusia dalam berbagai cara, misalnya, sebagai kondisioner tanah pupuk, dan pakan ternak [51] spesies Perairan dan mikroskopis yang dibudidayakan dalam tangki atau kolam yang jelas dan baik dipanen atau digunakan untuk mengobati limbah dipompa melalui kolam.. Algaculture dalam skala besar merupakan jenis penting dari budidaya di beberapa tempat. Maerl umumnya digunakan sebagai kondisioner tanah.



Daftarpustaka
Braune, W. (2008).Meeresalgen.EinFarbbildführerzu den verbreitetenbenthischenGrün- Braun- und Rotalgen der Weltmeere
Huisman, J.M., Abbott, I.A., Smith, C.M. (2007). Hawaiian reef plants.pp, numerous colour photographs. Honolulu: A publication of the University of Hawai'i Sea Grant College Program.
Lipkin, Y. & Silva, P.C. (2002).Marine algae and seagrasses of the Dahlak Archipelago, southern Red Sea.Nova Hedwigia
Shipley, T.C. & Sherwood, A.R. (2010).Molecular assessment of Ulva spp. (Ulvophyceae, Chlorophyta) in the Hawaiian Islands.Journal of Phycology
Patrick J. Keeling (2004). "Diversity and evolutionary history of plastids and their hosts".American Journal of Botany


Tidak ada komentar:

Posting Komentar